Wahid TV

Lowongan Kerja Kementerian Keuangan

Lowongan Kerja CPNS Kementerian Keuangan Terbaru
Lowongan Kerja Kementerian Keuangan Terbaru - Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) adalah kementerian negara di lingkungan pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara. Kementerian Keuangan RI berada di  bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Indonesia dan dipimpin oleh seorang Menteri Keuangan (Menkeu). Kemenkeu RI mempunyai motto Negara Dana Reksa yang berarti Penjaga Keuangan Negara dan berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Nomor 1 dan Jalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4, Jakarta Pusat. Kebanykan Instansi setingkat eselon I berada di lokasi ini. Sedangkan Instansi eselon I  yang tidak berkantor pusat di dalam komplek tersebut antara lain Direktorat Jenderal Pajak (Jln. Gatot Subroto No. 40-42), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Jln. Jenderal Ahmad Yani, Rawamangun), dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (Jln. Purnawarman No.99 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).

Sejarah Sebelum Kemerdekaan - Setelah berhasil mengalahakan Portugis, Belanda mulai berusaha menancapkan kekuasaannya di .kawasan Hindia Belanda, dengan melimpahkan wewenang kepada VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie). Saat itu VOC dipimpin oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterzoon Coen ( 1619 - 1623 dan 1627 - 1629) dan diberi hak octrooi yang salah satunya adalah mencetak uang dan melakukan kebijakan perekonomian. Sejak tahun 1600-an, VOC mengeluarkan kebijakan menambah isi kas negara dengan menetapkan paraturan VERPLICHTE LEVERENTIE (Kewajibah menyerahkan hasil bumi), CONTINGENTEN (pajak hasil bumi, pembatasan jumlah tanaman rempah - rempah agar harganya tinggi) dan PREANGERSTELSEL (kewajiban menanam pohon kopi).

Sejarah di Masa Kemerdekaan - Setelah jepang menyerah tanggal 15 Agustus 1945, Indonesia segera memproklamirkan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945 dengan mendirikan pusat pemerintahannya di Jakarta. Sedangkan untuk pusat kegiatan pengelolaan keuangannya berada di Gedung Department of Financien. Pada masa awal kemerdekaan, terjadi inflasi yang tinggi dikarenakan beredarnya tiga mata uang di wilayah RI, yaitu mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia Belanda, mata uang pendudukan Jepang yang beredar sekitar 4 Milyar dan mata uang merah NICA.

Pada masa kabinet presidensial pertama RI 19 Agustus 1945, Soekarno mengangkat seorang ekonom terkenal di Surabaya bernama Dr. Samsi sebagai Menteri Keuangan. Dr. Samsi berperan besar dalam usaha mencari dana untuk membiayai perjuangan RI di awal masa kemerdekaan. Beliau mendapatkan informasi bahwa di dalam Bank Escomto Surabaya tersimpan uang peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang dikuasai Jepang. Berbekal kedekatannya dengan pemerintah Jepang, akhirnya beliau berhasil mencairkan dana sehingga dapat digunakan untuk perjuangan.

Alamat instansi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI :
Jl. Dr.Wahidin Raya No 1, Jakarta 10710
Telp: 021-3449230
Fax: 021-3500842

LOWONGAN KERJA KEMENTERIAN KEUANGAN

CPNS KEMENTERIAN KEUANGAN/ KEMENKEU TAHUN 2017

Unit Eselon 1 yang membutuhkan Pegawai

  1. Sekretariat Jenderal (SETJEN)
  2. Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
  3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)
  4. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)
  5. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
  6. Direktorat jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR)
  7. Badan Kebijakan Fiskal (BKF)
  8. Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK)

Kriteria Pelamar

  1. Lulusan Terbaik (Cumlaude) dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah atau transkrip nilai
  2. Disabilitas, kriteria :
    • Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik
    • Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi
    • Mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selai kursi roda
  3. Putra/ Putri Papua dan Papua Barat, kriteria :
    • Menamatkan SD Sederajat, SMP/ SLTP Sederajat, SMA/ SLTA Sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat, atau
    • Garis keturuan orang tua asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran, Fotocopi KTP Ayah Kandung dan Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan
  4. Umum

Persyaratan

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak pernah dihukum penjara
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS, anggota TNI/ POLRI, pegawai BUMN/ BUMD atau tidak pernah diberhentikan karena pelanggaran bagi pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Polri dan Siswa Sekolah Ikatan Dinas Pemerintah
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai jabatan yang dilamar
  8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat - obatan terlarang
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan pemerintah
  10. Pelamar dari jenis formasi Disabilitas, Putra/ Putri Papua dan Papua Barat dan Umum merupakan lulusan :
    • Magister (S2) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/ Unggul pada saat lulus dengan IPK min. 3.00 dari skala 4
    • Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/ Unggul dengan IPK min. 2.75 dari skala 4
    • Diploma Umum (D3) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A dengan IPK min. 2.75 dari skala 4
  11. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 September 2017 :
    • Min. 18 tahun dan maks. 30 Tahun untuk Magister S2
    • Min. 18 tahun dan maks. 28 Tahun untuk Sarjana S1
    • Min. 18 tahun dan maks. 23 Tahun D3

Tata Cara Pendaftaran

  1. Informasi lowongan penerimaan CPNS dimulai tanggal 5 s.d 19 September 2017
  2. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id mulai tanggal 11 s.d 25 September 2017 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP/ NIK pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK/ NIK Kepala Keluarga
  3. Setelah mendapat notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional, pelamar segera mengaktivasi dan mendaftar VIA ONLINE di website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id min. 24 jam setelah aktivasi dilakukan pada periode 11 - 25 September 2017
  4. Mengunggah (upload) soft file berkas berjenis PDF, dengan ukuran masing - masing maks. 300 Kb, sebagai berikut :
    • Scan Ijazah
    • Scan Transkrip Nilai
    • Scan Ijazah SD, SMP, SMA atau Surat Akta Kelahiran, Fotokopi KTP Ayah Kandung, Surat Keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/ Kepala desa khusus pelamar dari Papua dan Papua Barat
  5. Saat Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU), peserta wajib membawa :
    • Ijazah Asli bukan Fotokopi atau Legalisir Ijazah
    • Transkrip Nilai Asli
    • Asli Ijazah SD, SMP, SMA atau Surat Akta Kelahiran, Fotokopi KTP Ayah Kandung, Surat Keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/ Kepala desa khusus pelamar dari Papua dan Papua Barat
    • Jika peserta tidak membawa salah satu dari berkas tersebut, maka peserta tidak berhak mendapatkan TPU
  6. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran online harus mengunduh (download) dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran pada laman http://rekrutmen.kemenkeu.go.id

Seleksi dan Pelaksanaan Tes

  1. Tahapan Seleksi Jenjang Magister (S2) dan Sarjana (S1)
    • Seleksi Administrasi
    • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
    • Psikotes Online
    • Test Kesehatan dan Wawancara, dengan bobot :
      • Test Kesehatan (30%)
      • Wawancara (70%)
    • Test Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara, dengan bobot :
      • Test Kesehatan dan Kebugaran (30%)
      • Wawancara (70%)
      • Khusus bagi pelamar jabatan berikut :
        • Analis Data Ekonomi Makro
        • Analis Humas dan Protokol
        • Analis Intelijen
        • Analis Kebijakan Ekonomi Makro
        • Analis Kebijakan Cukai
        • Analis Kebijakan Fasilitas Kepabean
        • Analis Kebijakan Intelijen
        • Analis Kerjasama Bilateral dan Regional
        • Analis Kebijakan Klasifikasi Barang
        • Analis Perencanaan
        • Analis Sistem Informasi
        • Peneliti Laboratorium
        • Penyidik
  2. Tahapan Seleksi Jenjang Diploma (D3) :
    • Seleksi Administrasi
    • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
    • Psikotes Online
    • Tes Kesehatan dengan bobot (100%)
    • Tes Kesehatan dan Kebugaran, dengan bobot L
      • Tes Kesehatan (40%)
      • Tes Kebugaran (60%)
      • Khusus bagi pelamar jabatan berikut :
        • Peneliti Laboratorium
        • Pengelola Media Center dan Kemitraan Media
        • Pengelola Teknologi Informasi
        • Pengelola Terjemahan dan Kerjasama
  3. Lokasi pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeli Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan TA 2017, untuk semua jurusan akan di selenggarakan di 6 (enam) kota, sebagai berikut :
    • Medan
    • Jakarta
    • Yogyakarta
    • Balikpapan
    • Makassar
    • Jayapura
  4. Pelamar dapat melihat pengumuman seleksi administrasi pada tanggal 3 Oktober 2017 melalu portal Kementerian Keuangan http://rekrutmen.kemenkeu.go.id

Kamu tertarik Lowongan Kerja Kementerian Keuangan Terbaru ini?
Silahkan kumpulkan Berkas Lengkap Lamaran Kerja Kementerian Keuangan kamu dan lakukan Registrasi Online (lowongan via online) sesuai dengan tata cara pendaftaran cpns kementerian keuangan (kemenkeu)  tahun 2017 di atas.

Periode Lowongan Kementerian Keuangan : 11 - 25 September 2017
Sumber lowongan rekrutmen.kemenkeu.go.id
Lowongan Kerja Kementerian Keuangan Judul: Lowongan Kerja Kementerian Keuangan
Update: Kamis, September 07, 2017
Post: