Wahid TV

Lowongan Kerja Kementerian BUMN

Lowongan Kerja Non PNS/ CPNS Kementerian BUMN
Lowongan Kerja Pegawai Kementerian BUMN - Kementerian BUMN adalah kementerian negara RI yang mempunyai tugas membina BUMN Republik Indonesia sejak tahun 1973. Awalnya bagian dari unit kerja di lingkungan Departmen Keuangan Republik Indonesia. Dalam periode 1973 sampai dengan 1993, unit yang menangani pembinaan BUMN berada pada unit setingkat eselon II. Awalnya, unit organisasi itu disebut Direktorat Persero dan PKPN (Pengelolaan Keuangan Perusahaan Negara). Selanjutnya terjadi perubahan nama menjadi Direktorat Persero dan BUN (Badan Usaha Negara). Terakhir kalinya pada unit organisasi setingkat eselon II, organisasi ini berubah menjadi Direktorat Pembinaan BUMN sampai dengan tahun 1993.

Periode 1993 sampai dengan 1998, organisasi yang awalnya hanya setingkat Direktorat/ eselon II, ditingkatkan menjadi setaraf Direktorat Jenderal/eselon I, dengan nama Direktorat Jenderal Pembinaan Badan Usaha Negara (DJ-PBUN). Pada tahun 1998 sampai dengan 2000, pemerintah Indonesia mengubah bentuk organisasi pembina dan pengelola BUMN menjadi setingkat kementerian. Awal dari perubahan bentuk organisasi menjadi kementerian terjadi pada masa pemerintahan Kabinet Pembangunan VI, dengan nama Kantor Menteri Negara Penanaman Modal dan Pembinaan BUMN/Kepala Badan Pembinaan BUMN.

Periode 2000 - 2001, struktur organisasi kementerian ini dihapuskan dan dikembalikan menjadi setingkat eselon I di lingkungan Departemen Keuangan. Namun, tahun 2001, ketika terjadi suksesi kepemimpinan, organisasi tersebut dikembalikan lagi fungsinya menjadi setingkat kementerian dengan nama Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara. Pada tahun 2009, mengikuti perubahan nomenklatur seluruh kementerian, kementerian ini pun berganti nomenklatur menjadi Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Alamat Kantor Pusat Kementerian BUMN adalah :
Jln. Medan Merdeka Selatan No. 13
Jakarta 10110
Indonesia
Telepon 021-29935678
Fax 021-29935740

LOWONGAN KERJA PNS KEMENTERIAN BUMN

CPNS KEMENTERIAN BUMN TAHUN 2017

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN ALOKASI FORMASI

  1. Sekretariat Kementeria BUMN (SEK)
  2. Deputi Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi (AGRO)
  3. Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP)
  4. Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media (PISM)
  5. Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP)
  6. Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan (JKJSK)
  7. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha (RPU)
  8. Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis (INFRA)

JABATAN

  1. Analis Data BUMN
  2. Analis Publikasi
  3. Analis Hukum
  4. Pengelola Data
  5. Auditor
  6. Analis Pengembangan Kompetensi

KRITERIA PELAMAR

  1. Lulusan Terbaik (Cumlaude) dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah atau transkrip nilai dari Perguruan Tinggai terakreditasi A
  2. Disabilitas, kriteria :
    • Mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik
    • Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi
    • Mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu berjalan selai kursi roda
  3. Putra/ Putri Papua dan Papua Barat, kriteria :
    • Menamatkan SD Sederajat, SMP/ SLTP Sederajat, SMA/ SLTA Sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat, atau
    • Garis keturuan orang tua asli Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran, Fotocopi KTP Ayah Kandung dan Surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan
  4. Umum

PERSYARATAN PELAMARAN

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak pernah dipidana
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/ POLRI, Pegawai BUMN/ BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, Prajurit TNI, anggota POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Bagi wanita tidak bertato dan tidak bertindik/ bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  8. Sehat Jasmani dan Rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit
  9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap Narkotika dan obat - obatan terlarang lainnya dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah Setempat
  10. Pelamar merupakan lulusan Sarjana (S1) dengan IPK masing - masing kriteria pelamar berikut :
  11. Bagi Lulusan Perguruan Tinggi (PT) luar negeri diharuskan melakukan penyetaraan ijazah dan konversi atas angka IPK ke skala 4 (bila tidak menggunakan skala 4) dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  12. Pelamar dengan ijazah S2 dapat melamar pada kualifikasi jabatan S1 dengan menggunakan ijazah S1-nya, dengan ketentuan setelah pelamar diangkat menjadi PNS Kementerian BUMN, ijazah S2 (bagi pelamar yang memiliki ijazah S2 pada kualifikasi Sl) tidak akan diakui dalam proses kepegawaian di Kementerian BUMN.
  13. Memiliki nilai kemampuan bahasa inggris yang dibuktikan melalui sertifikat dengan nilai minimal skor TOEIC (475)/ TOEFL Paper (450)/ TOEFL CBT (150)/ TOEFL IBT (53)/ IELTS (5) yang diterbitkan dari lembaga internasional/ lembaga bahasa perguruan tinggi/ lembaga pendidikan bahasa inggris (sertifikat dari tes yang sesungguhnya maupun dengan prediction test dapat diterima), dengan ketentuan tanggal penerbitan sertifikat skor adalah setelah tanggal 31 Agustus 2015. Pelamar dengan kategori putra/ putri Papua dan Papua Barat dikecualikan dari pemenuhan persyaratan kemampuan Bahasa Inggris.
  14. Usia pada tanggal 1 September 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 34 tahun 0 bulan 0 hari.

TATACARA MENDAFTAR :

  1. Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kementerian BUMN.
  2. Pelamar hanya dapat mendaftar 1 (satu) jenis jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
  3. Dokumen persyaratan terdiri dari :
    1. Surat lamaran ditujukan kepada Menteri BUMN di Jakarta, diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000, dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id).
    2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)/ dari instansi berwenang.
    3. Ijazah dan transkrip nilai ijazah asli.
    4. Khusus bagi pelamar dengan kriteria putra/putri Papua dan Papua Barat :
      • Ijazah SD, Ijazah SLTP dan Ijazah SLTA sebagai bukti pelamar menamatkan sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat; atau
      • Asli surat akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepada desa yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua/ Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli dari Papua/ Papua Barat.
    5. Sertifikat nilai skor bahasa inggris, dikecualikan untuk pelamar dengan kriteria putra/ putri Papua dan Papua Barat.
    6. Surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh dilaman: https://sscn.bkn.go.id).
    7. Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 × 4.
  4. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara online melalui laman: https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor NIK Kepala Keluarga pada KTP Kepala Keluarga.
  5. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 September 2017 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).

TAHAPAN SELEKSI

  1. Seleksi Administrasi
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT), terdiri dari :
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
    • Tes Intelegensi Umum (TIU) dan
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), terdiri dari :
    • Tes Tertulis Bidang bobot 30%
    • Psikotest bobot 20% dan
    • Wawancara bobot 50%
  4. Bobot hasil integrasi nilai SKD dan SKB yaitu 40% : 60%
kamu tertarik dengan Lowongan Kerja CPNS Kementerian BUMN Tahun 2017 ini. Silahkan segera kirimkan Berkas Lengkap Lamaran Kerja kamu dan Register Via Online (lowongan via online) sesuai dengan tata cara pendaftaran cpns Kementeria BUMN Tahun 2017 di atas.

Periode Lowongan CPNS Kementerian BUMN : 11 - 25 September 2017
Berikut ini sumber lowongan Kementerian BUMN.
Lowongan Kerja Kementerian BUMN Judul: Lowongan Kerja Kementerian BUMN
Update: Selasa, Agustus 06, 2019
Post: